top of page

Bodybliss Gruppe

Öffentlich·5 Mitglieder

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Genap dan Ganjil Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


- H3: Contoh RPP Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 H2: Bagaimana cara download RPP? - H3: Situs-situs yang menyediakan RPP gratis - H3: Cara download RPP dari situs-situs tersebut H2: Kesimpulan - H2: FAQ - Table 2: Article with HTML formatting Cara Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2019




Salah satu tugas seorang guru adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk setiap mata pelajaran yang diajarkan. RPP adalah dokumen yang berisi tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru dan siswa di kelas. RPP harus disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu kurikulum 2013 (K13) yang telah direvisi pada tahun 2019.


Namun, membuat RPP tidaklah mudah. Guru harus memperhatikan banyak hal, seperti kompetensi dasar, indikator pencapaian, alokasi waktu, sumber belajar, dan lain-lain. Selain itu, guru juga harus mengupdate RPP sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, banyak guru yang mencari bantuan dari internet untuk mendapatkan contoh atau referensi RPP yang sudah jadi.




download rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019



Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang cara download RPP Bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 secara gratis dari beberapa situs terpercaya. Sebelum itu, mari kita pahami dulu apa itu RPP, mengapa RPP penting, dan bagaimana cara membuat RPP yang baik dan benar.


Apa itu RPP?




RPP adalah singkatan dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dengan kata lain, RPP adalah pedoman bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.


download rpp bahasa indonesia kelas 9 k13 revisi terbaru


download rpp bahasa indonesia kelas 9 semester 2 k13 revisi 2019


download rpp bahasa indonesia kelas 9 smp kurikulum 2013 revisi 2020


download rpp bahasa indonesia kelas 9 k13 revisi 2018/2019


download rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 edisi revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 semester 1 k13 revisi 2019


download rpp bahasa indonesia kelas 9 smp/mts kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 genap kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 ganjil kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 format word kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 lengkap kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 gratis kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 terbaru kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 pdf kurikulum 2013 revisi


download rpp bahasa indonesia kelas 9 doc kurikulum 2013 revisi


download silabus dan rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download perangkat pembelajaran bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download administrasi guru bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download contoh rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download cara membuat rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download materi rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download tujuan rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download kompetensi dasar rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download indikator pencapaian rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download model pembelajaran rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download langkah-langkah pembelajaran rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download media pembelajaran rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download sumber belajar rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download penilaian pembelajaran rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download alokasi waktu rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download rencana tindak lanjut rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download lampiran rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download cover/sampul rpp bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi


download prota/prosem/kkm/pemetaan ki kd/jurnal/kaldik/rincian pekan efektif/perencanaan penilaian/rencana tindak lanjut untuk mata pelajaran bahasa indonesia kelas ix semester genap/ganjil tahun pelajaran .../... berdasarkan standar isi dan standar kompetensi lulusan (skl) pada satuan pendidikan .../... kabupaten/kota .../... provinsi .../... (kurang lebih seperti ini)


RPP harus disusun sesuai dengan silabus yang telah ditetapkan oleh sekolah atau dinas pendidikan. Silabus adalah dokumen yang berisi garis besar materi pokok, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar untuk satu mata pelajaran atau tema tertentu.


RPP harus mencakup beberapa komponen penting, yaitu:



  • Identitas sekolah (nama sekolah, alamat, logo)



  • Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran, kelas/semester)



  • Kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD)



  • Indikator pencapaian kompetensi



  • Tujuan pembelajaran



  • Metode pembelajaran



  • Media, alat, dan sumber belajar



  • Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (pendahuluan, inti, penutup)



  • Penilaian pembelajaran (teknik, bentuk, dan instrumen)



  • Alokasi waktu



RPP harus disusun dengan cermat dan teliti oleh guru, karena RPP merupakan salah satu indikator kinerja guru yang dinilai oleh kepala sekolah atau pengawas. Selain itu, RPP juga berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.


Mengapa RPP penting?




RPP adalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap guru. RPP memiliki beberapa fungsi dan manfaat, antara lain:



  • Sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.



  • Sebagai alat komunikasi antara guru dengan siswa, orang tua, kepala sekolah, pengawas, dan pihak lain yang terkait dengan proses pembelajaran.



  • Sebagai alat evaluasi dan refleksi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru.



  • Sebagai alat pengembangan diri bagi guru untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, dan keterampilan dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran.



  • Sebagai alat akuntabilitas bagi guru untuk mempertanggungjawabkan hasil pembelajaran yang dicapai oleh siswa.



Oleh karena itu, RPP harus disusun dengan baik dan benar oleh guru. Guru harus memperhatikan standar proses, standar isi, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian yang ditetapkan oleh pemerintah. Guru juga harus menyesuaikan RPP dengan karakteristik mata pelajaran, kelas, sekolah, dan lingkungan.


Bagaimana cara membuat RPP?




Membuat RPP tidaklah sulit jika guru sudah memahami konsep dan komponen RPP. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti oleh guru untuk membuat RPP:


Langkah-langkah membuat RPP





  • Mengidentifikasi silabus yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan RPP. Silabus dapat diperoleh dari sekolah atau dinas pendidikan setempat.



  • Menentukan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang akan dicapai oleh siswa pada mata pelajaran atau tema tertentu. KI dan KD dapat dilihat pada silabus atau buku kurikulum 2013 revisi 2019.



  • Menyusun indikator pencapaian kompetensi yang menggambarkan perilaku atau keterampilan yang dapat diamati atau diukur pada siswa setelah mengikuti pembelajaran. Indikator pencapaian kompetensi harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART).



  • Menyusun tujuan pembelajaran yang menggambarkan hasil yang diharapkan dari pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus menggunakan kata kerja operasional yang sesuai dengan ranah kognitif, afektif, atau psikomotorik.



  • Menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan KD dan indikator pencapaian kompetensi. Materi pembelajaran harus relevan, menarik, bermakna, dan bervariasi.



  • Menyusun metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, siswa, dan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran dapat berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, simulasi, role play, problem solving, project based learning, cooperative learning, dll.



alat peraga, gambar, grafik, video, audio, dll. Alat belajar dapat berupa papan tulis, spidol, penggaris, kalkulator, komputer, dll. Sumber belajar dapat berupa internet, perpustakaan, lingkungan, dll.


  • Menyusun langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang terdiri dari pendahuluan, inti, dan penutup. Pendahuluan adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk membangkitkan motivasi, mengaktifkan pengetahuan awal, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Inti adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mengembangkan kompetensi dasar melalui metode, media, dan sumber belajar yang telah dipilih. Penutup adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk merefleksikan dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.



  • Menyusun penilaian pembelajaran yang sesuai dengan KD dan indikator pencapaian kompetensi. Penilaian pembelajaran harus mencakup teknik, bentuk, dan instrumen penilaian. Teknik penilaian dapat berupa tes tertulis, tes lisan, tes praktik, observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat, portofolio, dll. Bentuk penilaian dapat berupa pilihan ganda, isian singkat, uraian, kinerja, produk, proyek, dll. Instrumen penilaian adalah alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang pencapaian kompetensi siswa.



Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pemb


Info

Willkommen in der Gruppe! Hier können sich Mitglieder austau...
bottom of page